(1) Beri
komentar tentang artikel berikut ini:
Pemasaran adalah merupakan salah
satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian, disamping kegiatan produksi dan
konsumsi. Konsumsi baru bias terlaksana setelah adanya kegiatan produksi dan
pemasaran. Dengan kata lain, produksi dan pemasaran dapat membantu
terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran jika kita lihat berada diantara
produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara
dua faktor tersebut. Dalam kondisi perekonomian sekarang ini, tanpa adanya
pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan. Betapapun
baiknya produk yang dihasilkan, jika orang lain tidak mengetahuinya, maka
produk tersebut sulit akan laku.
Jelaskan selengkap mungkin apa,
kesalahan yang kalian temukan pada artikel di atas!
(2). Pemukiman kumuh sering
diidentikkan dengan kemiskinan, bahkan hasil penelitian Ismail (1991:1)
menunjukkan bahwa pertumbuhan pemukiman kumuh berhubungan positif dengan
problema kemiskinan penduduk. Semakin banyak penduduk miskin di perkotaan,
semakin meningkat jumlah pemukiman (kampong) kumuh. Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa penduduk pemukiman kumuh merupakan masyarakat miskin.
Keterbatasan ekonomi dan keadaan social yang kurang mendukung mengakibatkan
lapisan penduduk marjinal DKI Jakarta dengan terpaksa dan atau sengaja bermukim
di pemukiman kumuh. Di antara mereka bahkan mendirikan bangunan liar pada
lokasi yang tidak diperuntukkan sebagai pemukiman atau pada lahan milik pihak
lain. Timbul masalah kesehatan yang mendasar, seperti: masalah air minum,
tinja, sampah, sanitasi makanan, serangga dan pencernaan yang disebabkan oleh
timbulnya pemukiman kumuh. Permasalahan kesehatan tersebut yang telah menjadi
problematika bagi masyarakat maupun aparat pemerintah.
Berdasarkan artikel no 2 susunlah.!
(1) Rumusan masalah.
(2) Tujuan penelitian.
Jawab NO 1
1. Memang
benar, pemasaran itu salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian.
Disamping
kegiatan produksi dan konsumsi, mereka (pemasaran, produksi, konsumsi) semua
saling berhubungan satu sama lain.
Jika tidak ada
pemasaran, maka tidak akan terjadi kegiatan jual beli. Banyak cara untuk
melalukan pemasaran hasil produksi kepada konsumen, ada yang dengan cara
membuat brosur, iklan, di media cetak maupun elektronik dan ada juga yang
langsung mengunjungin konsumennya.
Jawan No 2
2. Rumusan
masalah :
1.
Meningkatnya pemungkiman kumuh.
2.
Keadaan ekonomi dan keadaan social, yang
menimbulkan kemiskinan
3.
Timbulnya masalah kesehatan bagi masyarakat
Tujuan penelitian :
- a. Bagi peneliti
1.
Mengetahui perbandingan yang kumuh dengan masyarakat
sekitar
2.
Mengetaui factor-faktor yang menumbulkan
kemiskinan bagi masyarakat.
3.
Menyadari dampak dari keberadaan pemungkiman
kumuh terhadap masyarakat
- b. Bagi pemerintah
1.
Mendata masyarakat yang tinggal di pemungkiman
kumuh
2.
Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup
sehat
3.
Memudahkan menata lingkungan yang tertib
4.
Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang
pentingnya pendidikan, supaya tidak terjadi lagi masalah kemiskinan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar