Kamis, 14 April 2011

SISTEM EKONOMI INDONESIA

                                                 SISTEM EKONOMI INDONESIA
           Indonesia sebagai negara yang pernah dijajah oleh empat  negara yaitu, Portugis, Inggris, Belanda, dan Jepang, pasti secara langsung atau tidak langsung mendapat pengaruh dari negara-negara tersebut.
Tetapi faktor yang sangat menentukan keberhasilan ekonomi bukan warisan dari negara penjajah, melainkan tergantung dari rezim pemerintah yang berkuasa dan kebijakan serta sistem ekonomi yang diterapkan di negara yang kta cintai ini yaitu: INDONESIA.
         Sistem ekonomi Indonesia adalah Pancasila. Artinya sitem ekonomi itu berorientasi dan berpegang teguh serta sesuai dasar negara kita yaitu pancasila, yang isinya adalah:
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa 
  2. kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. persatuan indonesia
  4. kerakyatan yan di pimpin oleh hikmahkebajaksanaan dalan permusyawaratan dan perwakilan
  5. persatuan indonesia
Pasal 33 UUD 1945 adalah pasal utama bertumpunya sistem ekonomi Indonesia yang berdasar Pancasila, dengan kelengkapannya, yaitu Pasal-pasal 18, 23, 27 (ayat 2) dan 34. Ada beberapa rumusan tentang Ekonomi Pancasila.
A. Rumusan Mubyarto :
  1. Perekonomian digerakkan oleh rangsangan ekonomi, sosial dan moral
  2. Ada kehendak masyarakat untuk mewujudkan pemerataan sosial ekonomi
  3. Nasionalisme selalu menjiawi kebijaksanaan ekonomi
  4. Koperasi merupakan sokoguru perekonomian nasional
Ada keseimbangan antara sentralisme dan desentralisme dalam kebijaksanaan ekonomi.
Keadaan perekonomian negara-negara berkembang saat ini tidak lepas dari pengaruh :
  1. Sistem perekonomian dan pola pembangunan ekonomi yang diterapkan.
  2. Pembangunan infrastuktur fisik dan sosial.
  3. Tingkat pembangunan yang telah dicpai pada masa penjajahan
    Ciri-ciri system ekonomi Pancasila yaitu :
    Yang menguasai hajat hidup orang banyak adalah negara / pemerintah. Contoh hajad hidup orang banyak yakni seperti air, bahan bakar minyak / BBM, pertambangan / hasil bumi, dan lain sebagainyaPeran negara adalah penting namun tidak dominan, dan begitu juga dengan peranan pihak swasta yang posisinya penting namun tidak mendominasi. Sehingga tidak terjadi kondisi sistem ekonomi liberal maupun sistem ekonomi komando. Kedua pihak yakni pemerintah dan swasta hidup beriringan, berdampingan secara damai dan saling mendukung.Masyarakat adalah bagian yang penting di mana kegiatan produksi dilakukan oleh semua untuk semua serta dipimpin dan diawasi oleh anggota masyarakat.Modal atau pun buruh tidak mendominasi perekonomian karena didasari atas asas kekeluargaan antar sesama manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar